Impian Ada di Tengah Peluh [2]


 Skripsi kedua!!!

Skripsi ini saya rasa gak semulus skripsi pertama, karena sejujujurnya saya masih kurang paham di beberapa bagian tentang disiplin ilmu yang saya ambil ini....



Sebenarnya bisa dimaklumi kalau agak kurang paham karena saya mengambil ilmu pendidikan ini lewat "jalur cepat"dan loncat-loncat jadi ya pola pikirnya agak meloncat-loncat juga.

Tapi ya namanya juga skripsi sebagai syarat kelulusan, mau tidak mau dan bisa tidak bisa, harus mau dan harus bisa membuat skripsi ini kalau mau lulus.

Dan jadilah saya membuat skripsi ini......

Perjuangannya lumayan panjang menurut saya, karena jika dibandingkan skripsi saya yang pertama, di kimia, skripsi ini lebih menguras tenaga dan pikiran...

Awal mulanya dari tanggal 2 Januari 2013, yah, sehari setelah tahun baru, kami - saya dan seorang teman- mulai mencari judul skripsi sambil bolak-balik menghadap ke Koordinator Tugas Akhir dan 3 kali pula ditolak judulnya yang sebenarnya ada yang telah kami buat proposalnya. Kegiatan itu berlangsing selama sekitar 3 bulan sampai akhirnya di akhir bulan April, kami diberi judul dan mengerjakan skripsi tersebut.

Proses mencari bahan pun gak gampang karena sebenarnya kami masih bingung dengan tema judul tersebut., Maka jadilah kami sambil berusaha mencari bahan sambil mereka-reka dan memperkirakan apa yang dimau dari tema tersebut.

Akhirnya di awal Juni kami masuk laboratorium untuk syuting video. Waktu kami tidak banyak, hanya sebulan dan kami harus PPL...waw....

10 eksperimen  (5 eksperimen per orang) dalam 1 bulan....itu agak terburu-buru sebenarnya, tapi hanya usaha dan tekad yang kami punya #iniserius

Akhirnya waktu PPL tiba dan alhamdulillah, 10 video eksperimen bisa selesai, jadi saya dan teman bisa agak santai dalam menjalani PPL.

Setelah 2,5 bulan lamanya PPL, tanggal 17 September 2013 kami datang menghadap pembimbing dan beliau menargetkan kami harus selesai membuat produk dan menulis skripsi bab I-V dalam waktu satu bulan.....waw.....

Jadilah, kami ngebut mengerjakan video agar menjadi satu kesatuan film dan menempatkannya dalam sebuah website offline yang harus kami buat sendiri dalam 2 minggu, padahal kami berdua sangat amatir dalam hal tersebut #hanyabermodalsemangatdankerjakeras

Dalam penulisan skripsi sendiri, untunglah saya pernah membuat proposal skripsi yang sedikit nyambung dengan skripsi saya dan teman saya juga telah menyicil sewaktu PPL.

Akhirnya, dengan semangat dan usaha, kami berdua bisa pendadaran di Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober..

Walau hasilnya sebenarnya sangat tidak memuaskan tapi....................

10 bulan yang penuh usaha, kerja keras dan semangat.....

Usaha yang akan selalu terkenang dalam hidup ku......




Special thanks to:
  1. Ibu dosen pembimbing, Rr. Lis Permana Sari M.Si, terimakasih sebanyak-banyaknya atas bimbingan dan bantuan yang sangat besar selama 1 tahun 10 bulan ini
  2. Orang tua saya, yang selalu menyayangi saya walau betapa nakalnya saya,
  3. Adek tersayang, yang selalu mendukung saya dan membantu saya,
  4. Keluarga besar yang mendukung saya dalam mengambil gelar kedua,
  5. Partner saya, Ifan, modal kita benar - benar cuma usaha, semangat dan kerja keras.


dan.............................................alhamdulillah yudisium juga, 41 sks kelar :)






Comments

Popular Posts