Hikikomori dan Saya

                                          sumber: devianart

Selamat pagi yang mendung di bulan Desember ini :)

Ini mungkin akan jadi tulisan saya di akhir tahun 2013 ini karena inspirasi itu bertamunya gak pasti, cuma kalau lagi mood aja :D

Oke, pada tulisan kali ini saya ingin membahas tentang Hikikomori ( (引きこもり, ひきこもり, atau 引き籠もり) dan Saya.  



Kenapa gitu mau bahas tentang Hikikomori dan Saya?

Pertama karena akhir-akhir ini saya baru aja baca artikel ini, tentang seorang pemuda hikikomori yang menelantarkan mayat ayahnya selama seminggundan yang kedua adalah gara-gara status facebooknya Harajuku Playground yang membahas tentang hikikomori.

Jadi, apa sih arti dari Hikikomori?

Menurut, wikipedia (maaf ya pake wiki, toh bukan tulisan ilmiah :D),Hikikomori (引きこもり, ひきこもり, atau 引き籠もり, arti harfiah: menarik diri, mengurung diri) adalah istilah Jepang untuk fenomena di kalangan remaja atau dewasa muda di Jepang yang menarik diri dan mengurung diri dari kehidupan sosial. Istilah hikikomori merujuk kepada fenomena sosial secara umum sekaligus sebutan untuk orang-orang yang termasuk ke dalam kelompok sosial ini.

Intinya, Hikikomori itu Anti Sosial atau Ansos.

Ciri-cirinya? ya tau sendiri lah, sudah tergambar dengan jelas dari istilah Anti Sosial, jadi sepertinya tidak perlu saya jabarkan lagi :)

Hikikomori ini di Jepang makin tahun makin banyak pelakunya, sampai menarik BBC World untuk bikin liputannya.



Bagaimana di Indonesia? Menurut saya sih juga meningkat, ya paling gak dari beberapa komentar yang ada di status facebook Harajuku Playground bisa dilihat gejalanya.

Lalu hubungannya dengan Saya*penulis maksudnya*?

Saya ini mungkin bisa dikatakan agak hikikomori ya walau berusaha biar gak terlalu juga sih.

Kenapa saya bisa begitu?

Sejujurnya memang saya gak terlalu suka keramaian dan kemacetan, males jalan dan gak terlalu suka main karena lebih suka berhadapan dengan komik, novel dan laptop serta jarang ngerasa bosen di rumah. #pengakuan

Jadi, dengan tulisan ini, saya cuma mau mengingatkan pada diri saya sendiri untuk mengurangi kadar hikikomori dan untuk teman-teman yang membaca, jangan ikut-ikutan tapi juga jangan terlalu bebas dalam bergaul karena akan merugikan diri sendiri.

Yah, yang berlebihan itu memang tidak baik :)


Selamat pagi dan selamat menikmati hujan di pagi ini :)




Comments

Popular Posts