Jangan Salah Persepsi!

Beberapa hari yang lalu aku sempet ngobrol via salah satu jejaring sosial dengan anak kimia semester 4 suatu perguruan tinggi swasta di Pulau Jawa ini.

Obrolan ini bertemakan tentang penelitian

Gambar 1

Gambar 2


 
Disini yang jadi masalah adalah anak ini menganggap bahwa penelitian itu harus berupa penemuan baru. 
Oke, aku masih bisa memakluminya karena  anak ini baru semester 4 yang memang belum mendapatkan mata kuliah metode penelitian sehingga dia belum mengetahui perbedaannya. Yang jadi masalah disini adalah dosen yang memberikan informasi yang menurut ku 'menyesatkan'.

Mengapa menyesatkan?

  1. Penelitian itu tidak harus merupakan penemuan baru.
  2. Istilah penemuan baru yang ada di masyarakat itu merupakan istilah yang salah karena mencampurkan 2 jenis penelitian yaitu penelitian dasar dan penemuan pengembangan (inovasi).
  3. Untuk jenjang S1 itu jenis penelitian yang dilakukan itu penelitian yang membuktikan teori, bukan menemukan sesuatu yang baru bahkan menurut informasi yang ku dapatkan untuk jenjang S2 pun belum boleh melakukan penelitian yang jenisnya penelitian dasar.
Jadi, jangan salah persepsi lagi tentang istilah 'penemuan baru'. Kita ini sarjana jadi harus kritis dan punya pola pikir sarjana dan tidak mudah menerima suatu istilah yang ternyata tidak tepat penggunaannya


NB: menurut ku aturan batasan penelitian itu bukan seenaknya ditentukan oleh dosen / suatu universitas karena dari beberapa skripsi yang telah ku baca dari beberapa universitas, isinya mirip dan memang untuk S1 waktunya studi tidak akan cukup untuk melakukan penelitian dasar

Comments

Popular Posts