ANGGAPAN ORANG TERHADAP KOMIK


Komik  itu fiksi! Yah! Anda salah!pasti bacaan anda hanya semacam Naruto, One Piece,dan sebagainya. Saya sarankan anda mengikuti perkembangan komik karena akhir – akhir ini banyak komik yang menceritakan kisah nyata yang ada di dunia nyata. Walaupun memang ada yang dilebih – lebihkan untuk menambah daya tarik pembacanya tapi benang merah kenyataan itu tidak hilang.  Tahukah anda jika para mangaka (komikus) juga melakukan riset yang lama sebagai referensi untuk gambar komiknya? Misal, seorang mangaka yang membuat komik tentang dokter, maka dia akan mencari referensi berupa buku dan informasi lainnya, bahkan datang ke ahlinya untuk bertanya tentang seluk – beluk dunia kedokteran sebelum menuangkannya dalam gambarnya. Jadi mungkin saja jika mangaka lebih pandai dari anda karena mereka banyak membaca dan bertanya.


Komik itu untuk anak kecil! Seperti sudah saya ungkapkan pada tulisan sebelumnya, saya bisa menghitung dengan jari berapa jumlah komik yang mungkin diperuntukkan untuk anak – anak. Jadi, buang anggapan anda!


Membaca komik itu merugikan! Bagi anda yang berkata seperti itu, berarti anda tidak mengenal apa itu komik. Bagi saya, komik merupakan suatu media hiburan dan pembelajaran. Komik sebagai hiburan karena gambar yang lucu sehingga membuat kita tertawa. Adapun komik sebagai media pembelajaran yaitu dengan gambar dan kalimat yang menarik, kita dapat lebih mudah memahami maksud dari sesuatu yang dijelaskan. Saya banyak mengerti banyak hal dari komik. Saya banyak mengenal istilah asing yang notabene bukan bidang saya dari komik.


*kedua tulisan ini ditulis akibat ketidaksukaan saya yang dibilang seperti anak kecil saat menonton animasi dan membaca komik*

Comments

Popular Posts