REPORT of PSYCHOLOGICAL TESTING RESULT



Seperti yang diilustrasikan oleh judul diatas, maka tulisan ku kali ini merupakan analisis kepribadianku berdasarkan dari hasil tes psikologi yang pernah aku jalani. Tes psikologi ini aku jalani pada tahun 2006 saat aku duduk di kelas 3 SMA guna menentukan arah pilihan program studi yang akan aku ambil saat kuliah nanti. Memang dari jangka waktu tes dengan saat tulisan di blog ini dibuat cukup lama yaitu 5 tahun, tetapi setelah aku membaca result dari tes ini kurasa hasilnya tidak kadaluarsa yang berarti dalam 5 tahun ini, kepribadianku tidak banyak berubah. Adapaun hasilnya adalah :
  1. Kapasitas intelegensia atau kecerdasan umum subjek berada pada taraf yang cukup tinggi ( Superior / Cerdas, IQ=120) dengan disertai daya analisis-sintesis yang agak kurang. Hal ini memberikan petunjuk bahwa sujek memiliki potensi kemampuan konsentual yang masih agak memadai.
  2. Untuk aspek kemampuan khususnya, secara umum yang terlihat adanya kecenderungan ke arah posisi sedang /cukup dengan satu kelemahan pada kemampuan logika verbal/bahasa. Sedangkan kelebihannya yang menonjol terletak pada daya pemahaman untuk belajar.
  3. Pada aspek kepribadiannya, pembawaan diri maupun komunikasi lisannya masih agak memadai. Adapun kepribadian subjek tergolong pada tipe MELANCHOLIC yang sedikit PHLEGMATIC, dengan sifat-sifat atau karakteristik dasar yang antara lain: agak kurang bisa tegas, agak kurang bisa ramah, relatif agak sulit bergaul, bisa tekun, perasa, relatif kalem/tenang, bersikap agak “dingin” dan masih sedikit memiliki sifat kekanak-kanakan. Sedangkan daya tahan stress/kestabilan emosi agak memadai, namun jika mendapat tekanan yang kuat terutama dapat berdampak pada aspek perasaan atau aspek kehendak. Untuk dorongan pencapaian prestsi maupun keinginan bekerjasama dengan orang-orang lain tampaknya masih cukup/sedang.
  4. Arah minat yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab belajarnya, seperti : pada bidang Hitungan / Matematika dan pada bidang Seni / Keindahan minatnya cukup/sedang. Pada Ilmu Pengetahuan (mengamati, meneliti, menerapkan dan mengembangkan) kuat sekali untuk diminatinya. Sedangkan pada bidang Kepustakaan / Minat Baca dan pada bidang Medikal / Obat-obatan / Farmasi minatnya cukup tinggi.
Alternatif / pilihan fakultas di perguruan tinggi yang cukup sesuai adalah:
  1. Pilihan pertama, Bidang Medis/Farmasi/Kimia, seperti : Fakultas Farmasi atau Fakultas Teknik Kimia
  2. Pilihan kedua, Ekonomi Akuntansi 9sebaiknya mengambil D3 dulu, kemudian baru S1), agar lebih terampil.
Selain itu, perlu adanya perhatian:
  1. Hendaknya belajar setiap hari secara tekun dan teratur waktunya.
  2. Ikuti bimbingan belajar atau les privat secara intensif untuk mata pelajaran tertentu yang dipandang perlu ditingkatkan.

Demikian hasil tes psikologi 5 tahun yang lalu, sekarang aku ingin sedikit mengulasnya pada tiap poinnya berdasarkan apa yang aku rasakan terhadap diri ku sendiri *bukan berdasarkan ilmu jadi mungkin ini sangat subjektif dan ngawur*
  1. Alhamdulillah untuk kecerdasan umum aku mendapatkan standar yang cukup tinggi, termasuk anak normal, sedang untuk kemampuan analisis memang agak kurang karena pemahaman konsep yang sering kali tanggung.  :)
  2.   Kelemahan : pada kemampuan logika verbal/bahasa. Disini sangat jelas terlihat akibatnya yaitu aku adalah seseorang yang susah untuk bercerita, susah untuk curhat.  Kelebihan, memang jika aku telah paham, biasanya akan lancar dalam mengerjakan sesuatu.
  3. Kesimpulan dari kalimat yang panjang lebar itu adalah jutek, egois, manja, tertutup dan sok kuat
  4. Kemampuan menghitung dalam tingkatan TIDAK BISA LEPAS DARI KALKULATOR, kemampuan seni dalam tingkatan PARAH, kemampuan dalam Ilmu Pengetahuan dan Minat Baca dalam tingkatan SANGAT TERTARIK dan kemapuan dalam bidang Medikal dan Farmasi adalah STANDAR
Untuk masalah altenatif jurusan, ternyata pilihanku tidak melenceng dari apa yang telah ditulis, yakni Jurusan Kimia.
Untuk saran yang disebutkan diatas, bahkan sampai detik ini jujur, masih sering kuabaikan walaupun dari keluarga dan teman selalu mengingatkanku. Maaf :(

Comments

Popular Posts